PENGERTIAN DAN TUJUAN ISD
SERTA RUANG LINGKUPNYA
1.Pengertian
Ilmu Sosial Dasar (ISD) merupakan studi analisis atas aneka fenomena sosial masyarakat dengan segala dinamika dan implikasinya dari sudut pandang kajian dasar falsafah keilmuan. Manusia sebagai makhluk sosial tentu tidak mungkin bisa memisahkan hidupnya dengan manusia lain. Sudah bukan rahasia lagi bahwa segala bentuk kebudayaan, tatanan hidup, dan sistem kemasyarakatan terbentuk karena interaksi dan benturan kepentingan antara satu manusia dengan manusia lainnya. Sejak zaman prasejarah hingga sejarah, manusia telah disibukkan dengan terciptanya berbagai aturan dan norma dalam kehidupan berkelompok mereka. Dalam berbagai keterciptaan itulah ilmu pengetahuan terbukti memainkan peranan signifikan.
Ilmu Sosial Dasar (ISD) merupakan studi analisis atas aneka fenomena sosial masyarakat dengan segala dinamika dan implikasinya dari sudut pandang kajian dasar falsafah keilmuan. Manusia sebagai makhluk sosial tentu tidak mungkin bisa memisahkan hidupnya dengan manusia lain. Sudah bukan rahasia lagi bahwa segala bentuk kebudayaan, tatanan hidup, dan sistem kemasyarakatan terbentuk karena interaksi dan benturan kepentingan antara satu manusia dengan manusia lainnya. Sejak zaman prasejarah hingga sejarah, manusia telah disibukkan dengan terciptanya berbagai aturan dan norma dalam kehidupan berkelompok mereka. Dalam berbagai keterciptaan itulah ilmu pengetahuan terbukti memainkan peranan signifikan.
Ilmu Sosial
Dasar (ISD) membicarakan hubungan timbal balik antara manusia dengan
lingkungannya. Hubungan ini dapat diwujudkan melalui kenyataan sosial dan
kenyataan sosial inilah yang menjadi titik perhatiannya. Dengan demikian Ilmu
Sosial Dasar memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang
konsep-konsep yang dikembangkan untuk melengkapi gejala-gejala sosial agar daya
tanggap, persepsi, dan penalaran kita dalam menghadapi lingkungan sosial dapat
ditingkatkan. Ilmu sosial bukanlah suatu bidang keahlian ilmu-ilmu sosial
tertentu, seperti politik, antropologi dan sebagainya, tetapi menggunakan
pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang ilmu sosial seperti
ilmu politik, sosiologi, sejarah dan sebagainya.
2.Tujuan
Dan Peranan
Ilmu Sosial Dasar bertujuan untuk :
Ilmu Sosial Dasar bertujuan untuk :
a. Membantu perkembangan wawasan
pemikiran dan kepribadian agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas.
b. Memahami dan menyadari
kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah yang ada di dalam masyarakat.
c. Peka terhadap masalah-masalah
sosial dan tanggap ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
d. Menyadari bahwa setiap masalah
sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan kita hanya
dapat mendekatinya serta mempelajarinya secara kritis dan interdisipliner.
e. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu
pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka
menanggulangi masalah-masalah sosial yang terjadi di dalam masyarakat.
Peran
ilmu sosial dasar adalah:
a. mempunyai pandangan tentang cara bersosialisasi
dengan masyarakat dalam ruang lingkup yang lebih luas,
b. menambah wawasan tentang hidup bermasyarakat
dengan baik
c. lebih mengerti tentang keadaan alam dan jalan
pikiran manusianya,
d. memahami ilmu sosial yang menunjang kehidupan
bersosialisasi,
e. pandangan hidup selanjutnya menjadi lebih
terarah,
f. mengetahui cara hidup sebagai mahluk sosial,
g. lebih mencintai alam dan mengerti arti sejarah,
h. menjadi lebih mengerti masalah yang terjadi di
masyarakat dan dapat membantu menyelesaikan masalah sosial.
i.
dapat memanfaatkan ilmu-ilmu yang ada dalam ilmu sosial dasar untuk kemajuan
dan kesejahteraan masyarakat
3.Ruang
Lingkup
ISD meliputi dua kelompok utama; studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga-lembaga sosial. Kelompok yang pertama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang kelompok yang kedua terdiri atas ekonomi dan politik.
ISD meliputi dua kelompok utama; studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga-lembaga sosial. Kelompok yang pertama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang kelompok yang kedua terdiri atas ekonomi dan politik.
Sasaran studi ISD adalah aspek-aspek
yang paling dasar yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan
masalah-masalah yang terwujud dari padanya
a. Adanya berbagai aspek pada kenyataan-kenyataan yang bersama-sama merupakan suatu masalah sosial.
a. Adanya berbagai aspek pada kenyataan-kenyataan yang bersama-sama merupakan suatu masalah sosial.
b.
Adanya beraneka ragam golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat
yang
masing-masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola
pemikiran
dan pola tingkah laku sendiri.
Deskripsi
Ilmu
Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menilai masalah-masalah sosial, khususnya
yang diwujudkan oleh masyarakat indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian
(fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahliaan
ilmu-ilmu sosial seperti : sejarah, ekonomi, geografi, sosial, sosiologi,
antropologi, psykologi sosial.
namun Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan tapi juga bukan merupakan ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri juga.
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi yang dirancang untuk kepentingan pendidikan di indonesia yang diberikan di perguruan tinggi. Diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, presepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan sehingga lebih peka
namun Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan gabungan dari ilmu-ilmu sosial yang dipadukan tapi juga bukan merupakan ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri juga.
Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi yang dirancang untuk kepentingan pendidikan di indonesia yang diberikan di perguruan tinggi. Diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, presepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat ditingkatkan sehingga lebih peka
Sumber
Tidak ada komentar:
Posting Komentar